Indonesia Energi Digital Asia

Untuk memperkuat ekonomi di Indonesia, Presiden Joko Widodo telah menetapkan Visi untuk Indonesia sebagai Energi Digital Asia, Digital Ekonomi Berbasis UMKM karena UMKM adalah penyumbang PBD tertinggi di Indonesia dengan kontribusi mencapai 58%.

Saat ini telah terdapat 132,7 Juta pengguna Internet aktif di Indonesia dengan penetrasi sebesar 51,8% dari Total Populasi Indonesia. Hal tersebut sudah menunjukkan komitmen Pemerintah Indonesia dalam World Summit on Information Society bahwa sekurang-kurangnya setengah penduduk dunia sudah memiliki akses terhadap internet. Dari 132,7 Juta pengguna Internet tersebut, 65% berada di Pulau Jawa. Di Pulau Sumatera sendiri baru mencapai 15,7%. Hal tersebut menjadi tantangan tersendiri bagi Pemerintah Provinsi Lampung untuk dapat meningkatkan penetrasi pengguna Internet di Provinsi Lampung

Di tahun 2017 ini, Pandi hanya mengejar 1,32 juta domain Internet berakhiran .id atau hanya tumbuh 120 ribu dari jumlah 1.199.045 domain .id yang telah dipakai atau dipesan selama 2016.

Pertumbuhan 120 ribu domain itu, dijelaskan Commucation Officer Pandi, Svaradiva Anurdea Devi, merupakan pertumbuhan reguler di luar Program 1 Juta Domain dari Kemkominfo yang berlangsung sejak 2016 sampai akhir 2017.

Diva menjelaskan, di luar Program 1 Juta Domain Kemkominfo, ada pendaftaran domain .id reguler yang kini sudah berjumlah sekitar 200.000. Pandi akan melakukan sejumlah promosi menurunkan biaya pembelian dan perpanjangan domain untuk memperkuat pembelian domain .id.

Dari Program 1 Juta Domain itu, Rangga Adi Negara,ST Kasie Pemberdayaan Informatika Kominfo mengatakan “sejauh ini tercatat ada 35.149 situs web .id yang sudah online atau aktif, sedangkan 964.851 domain .id sudah terdaftar namun masih offline. Dengan demikian, baru 4 persen domain .id yang sudah online. Perihal Offline di sini, bisa jadi domain itu belum dimanfaatkan untuk alamat situs, alamat email, atau juga belum terhubung dengan sebuah layanan hosting”.

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberikan domain dan hosting kepada UMKM, Sekolah, Komunitas dan Pesantren secara gratis selama 1 tahun Tujuannya adalah : 1.Mempersiapkan UMKM untuk mulai Go Online apapun produknya di sebuah Toko Online Milik UMKM sendiri . 2.Memenuhi pasar e-commerce Indonesia dengan produk asli Indonesia agar dapat membendung ekspansi Alibaba Group. 3.Menumbuhkan jumlah konten positif di Indonesia. 4.Meningkatkan ketahanan konten Internet Indonesia.

Dengan adanya Program 1 Juta Domain diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan  informasi digital yang akan memberikan manfaat positif bagi pembangunan karakter generasi muda. Konten digital bisa dimanfaatkan untuk membantu program revolusi mental serta memperkuat ideologi bangsa. Dan pada akhirnya visi Indonesia sebagai Negara Digital Asia akan segera terlaksana.

(Red.Riadi_N)

Related Post

PDF24    Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 5 =