Home / Tutorial / Membuat Akun Surel Gmail

Membuat Akun Surel Gmail

Bagi anda yang ingin beraktifitas dan bekerja di dalam jaringan internet (daring), sudah pasti anda membutuhkan e-mail (electronik mail) atau dalam bahasa indonesia disebut surat elektronik (surel). Untuk membuat akun di jejaring sosial (seperti facebook atau twitter) anda pasti membutuhkan alamat surel. Surel juga membantu anda berkorespondensi (berkirim surat) kepada banyak orang tanpa harus mencetak banyak surat dan mengirimkannya satu per satu.

Ada banyak laman daring yang menyediakan fasilitas surel gratis, sebut saja yang terkenal gmail, yahoomail dan hotmail. Namun dalam tutorial ini disarankan kepada anda untuk menggunakan fasilitas surel gratis dari google, yaitu gmail.

Beberapa keuntungan menggunakan surel gmail dari google :

  1. Kapasitas penyimpanan yang diberikan gratis sebesar 15 GB.
  2. Surel gmail merupakan akun multi platform. Artinya akun surel gmail dapat diakses melalui komputer sekaligus melalui ponsel pintar (android) dan tablet (android).
  3. Dengan memiliki akun surel gmail otomatis anda memiliki akun milik google lainnya, antara lain google plus (jejaring sosial), google drive (akun brankas penyimpanan dan berbagi data), dan youtube (jejaring sosial berbasis video).
  4. Yang paling menarik adalah dengan memiliki akun surel gmail anda dapat menggunakan fasilitas google hangout. Fasilitas google hangout ini dapat anda gunakan untuk melakukan chatting (ngobrol) menggunakan kata, suara maupun video.
  5. Surel gmail sangat menunjang penggunaan aplikasi thunderbird pada sistem operasi ubuntu dan sejenisnya.

Nah, untuk membuat akun surel gmail, anda dapat mengikuti langkah berikut ini :

1. Masuk ke laman http://gmail.com lalu klik tab create an acount yang berada di sisi kanan atas.

Gmail 01

2. Isikan nama anda pada kolom Name, isikan dengan nama depan dan nama belakang anda.
3. Isikan nama akun surel gmail yang anda inginkan pada kolom choose you username. Jika nama akun surel yang anda isikan telah digunakan orang lain, maka google akan menyarankan anda menggunakan beberapa alternatif nama.
4. Isikan kata kunci pada kolom create a password (usahakan untuk membuat kata kunci yang mudah anda ingat dengan kombinasi huruf dan angka). Setelah itu isikan kembali kata kunci yang anda buat pada kolom confirm your password (harus sama).
5. Isikan tanggal lahir anda pada kolom birthday, dimulai dengan mengisikan bulan, lalu tanggal lahir dan diakhiri dengan tahun lahir.
6. Isikan jenis kelamin anda pada kolom gender. Male untuk laki-laki, female untuk perempuan, dan other untuk transgender.

Gmail 03

7. Isikan nomor ponsel anda kolom mobile phone.
8. Isikan kode angka atau huruf pada kolom type the text. Kode angka atau huruf ada diatas kolom type the text.
9. Berikan tanda centang pada kolom i agree to the google terms of service and privacy policy.
10. Selanjutnya, klik tab next step.

Gmail 04

11. Setelah akun surel gmail anda selesai dibuat, google akan memberikan pilihan kepada anda untuk membuat profil google plus anda. Namun, untuk keperluan surel anda dapat mengabaikannya terlebih dahulu dengan mengklik tab no thanks.

Gmail 05

12. Jika proses pembuatan akun surel gmail anda telah selesai, anda dapat menggunakan akun surel gmail anda dengan mengklik tab continue to gmail.

Gmail 06

13. Jika ada tampilan yang meminta anda untuk mengikuti tour gmail (seperti di bawah ini), dapat mengabaikannya dengan mengklik tanda x.

Gmail 07

Untuk mengubah bahasa pada akun surel gmail anda menjadi bahasa Indonesia , anda dapat melakukannya dengan cara
1. Klik tab setting yang anda di sisi kanan atas (lihat pada gambar di bawah ini).

Gmail 10

2. Ubah bahasa asal dari english (US) pada kolom language menjadi bahasa indonesia.

Gmail 13

3. Sorot krusor anda ke bagian bawah tampilan anda, lalu klik tab save changes

gmail 14

Nah, dengan mngikuti langkah terakhir tadi anda telah berhasil memiliki akun surel gmail. Untuk dapat menggunakan akun surel gmail anda, anda dapat mempelajarinya pada tutorial Menggunakan Surel. Untuk mengunduh tutorial ini untuk dicetak silahkan klik link ini. Selamat mencoba. (Rifky)

Related Post

www.pdf24.org    Send article as PDF   

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

97 − = 95