Eco School Upaya Pendidikan Cinta Lingkungan

img_20160917_113257

Siswa Peserta Pelatihan Program Eco School Berfoto Bersama DedemIT Lampung

Peningkatan jumlah penduduk menimbulkan dampak yang cukup beragam, khususnya dalam bidang pencemaran lingkungan. Sejalan dengan laju pertumbuhan penduduk berbanding lurus dengan sampah yang dihasilkan oleh setiap individu, maka masalah sampah bukanlah hal yang sederhana bagi kita semua.

Melihat fenomena diatas Komunitas DedemIT Lampung yang juga merupakan Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK), Mengandeng komunitas lokal “KOMPAKIN” dalam peningkatan tata kelola lingkungan dengan melakukan kegiatan yang mengarah kepada perbaikan lingkungan hidup melalui Program “Eco School” atau sekolah berwawasan pelestarian lingkungan hidup di SMP Datarajan yang merupakan Sekolah Menengah Pertama tertua yang didirikan di kecamatan Ulubelu.

Mengusung tema Triple R (3R), Reduce, Reuse, Recycle, Team DedemIT Lampung menyusun kegiatan menjadi empat tahapan, yang pertama tahapan Perencanaan yang dilaksanakan pada tanggal 17 September 2016 dengan sosialisasi dan pelatihan pengelolaan sampah di lingkungan sekolah yang melibatkan guru, peserta didik dan warga sekolah. Kedua tahapan Pengelolaan dengan memberdayakan peserta didik membuat produk dari limbah plastik, menjadi barang kerajinan dan Vertical Garden, serta membuat alat pengolah sampah organic yaitu “Bio Composter” dan keranjang “Takakura”. Tahapan ketiga adalah tahapan Evaluasi dan yang terakhir adalah tahapan Publikasi dengan melatih siswa untuk menulis artikel mengenai pengelolaan sampah dan mempublikasikanya di media sosial. Melalui publikasi diharapkan terjadinya perubahan dan penyebarluasan informasi untuk penyadaran masyarakat tentang pentingnya pelestarian lingkungan hidup.

Menurut Paino, S.Hut Kepala Sekolah SMP Datarajan “permasalahan lingkungan yang sangat komplek diperlukan adanya kerjasama dan bimbingan dari berbagai pihak untuk menumbuhkembangkan dan meningkatkan kesadaran warga sekolah untuk berprilaku ramah terhadap lingkungan.” Aris Budianto, S,Pd Ketua Komisi DPRD Kab. Tanggamus, yang hadir dalam kegiatan tersebut, turut mengapresiasi Program Eco School yang diselenggarakan oleh, DedemIt Lampung.

Kedepanya “Eco School” diharapkan dapat menjadi wadah untuk membentuk generasi muda sebagai agen perubahan yang mampu mengimplementasikan kepedulianya terhadap lingkungan hidup. Selain itu program tersebut menjadi wahana yang mampu mendukung dan berperan nyata dalam upaya penumbuhkembangkan sumberdaya manusia yang berbudaya lingkungan, dalam arti sadar dan benar-benar memahami kondisi lingkungan sekolah dan sekitarnya serta mampu mengembangkan cipta, rasa karsa dan karyanya untuk memelihara, memperbaiki, dan meningkatkan kualitas lingkungan hidup yang berkelanjutan. (Red.Riadi_N).

Related Post

PDF24    Send article as PDF   

2 thoughts on “Eco School Upaya Pendidikan Cinta Lingkungan

  1. 18 September 2016 at 18:43

    Artikel yang sangat bermanfaat. Semoga bisa mengguggah generasi muda untuk berbuat dan peduli terhadap lingkungannya.

    1. Riadi Novianto
      18 September 2016 at 19:19

      Terimakasih, mohon support dan dukunganya untuk program-program DedemIT berikutnya,…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 3 =