Pegiat Desa Se-Indonesia Berkumpul Bahas SIDEKA

Pegiat desa se-Indonesia berkumpul di Jakarta sejak 14 Januari 2015 hingga 18 Januari 2015. Pegiat desa dari 100 Kabupaten/Kota di Indonesia tersebut berkumpul untuk membahas implementasi Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDEKA).

Menteri Pertanian Memaparkan Program Kementriannya

Menteri Pertanian Memaparkan Program Kementriannya

Dalam kegiatan yang di fasilitasi Yayasan Gedhe dan Badan Prakarsa Pengembangan Desa dan Kawasan (BP2DK) tersebut, dibahas banyak program pemberdayaan dan pendampingan Pemerintahan Desa. Salah satunya adalah SIDEKA yang akan membuat Pemerintahan Desa memiliki sistem informasi dan data potensi dan masalah desa untuk di implementasikan menjadi program pembangunan desa dan kawasan.

Kegiatan yang menghadirkan ratusan pegiat desa ini didukung oleh Pemerintahan Jokowi yang baru terbentuk beberapa waktu yang lalu. Menteri Pertanian, Kepala Bappenas, dan Menteri Komunikasi dan Informatika, hadir menyumbangkan pikirannya untuk gerakan pemberdayaan dan pendampingan Pemerintahan Desa.

Yossi Suparyo, perwakilan Yayasan Gedhe, penggas kegiatan tersebut, menjelaskan bahwa berkumpulnya ratusan pegiat desa se-Indonesia ini bertujuan menghadirkan negara ke tengah masyarakat desa. Yossi juga menjelaskan pegiat desa se-Indonesia yang berkumpul tersebut sepakat menggunakan SIDEKA sebagai langkah awal memperkuat peran Pemerintah Desa dalam pembangunan Indonesia.

“SIDEKA itu Sistem Informasi Desa dan Kawasan yang merupakan amanat Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 yang mesti dijalankan Pemerintah Desa dalam rangka pembangunan desa”, jelas Yossi.

Dalam kegiatan tersebut, pegiat desa se-Indonesia sepakat akan mengawali pembangunan SIDEKA dengan pembangunan website Desa. (Rifky)

Related Post

PDF24    Send article as PDF   

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 6 =